Cari Blog Ini

Minggu, 05 Januari 2014

Gahwa Arab ala TKI Riyadh

1374279519809637515
Bahan utama membuat minuman Kopi Gahwa khas Arab.(Foto;Aang Suherman)
Gahwa adalah minuman tradisional bangsa arab paling populer diminum sehari-hari warga Saudi Arabia.Selain diminum warga setiap hari,biasanya minuman ini selalu disajikan dalam acara seremonial menyambut tamu negara atau pada acara resmi kenegaraan lainnya.
Saat bulan Ramadan di Saudi,termos-termos berisi minuman Gahwa sangat mudah ditemukan di berbagai tempat acara buka puasa bersama,di setiap mesjid atau di setiap kumpulan karyawan perusahaan.Tersedia dari sedekah warga sekitar atau dipesan khusus ke restauran satu paket dengan makanan untuk buka puasa oleh jemaah atau perusahaan penyelenggara buka bersama.
***
Karena selalu tidak kebagian banyak kalau mengandalkan gahwa di tempat buka bersama,maka kami teman-teman TKI di Riyadh,suka membuat sendiri minuman tradisional arab ini,tentu saja membuat kopi gahwa meniru seperti orang arab membuat minuman ini.
Inilah cara instan membuat kopi gahwa Arab ala TKI ‘cowboy’ di Riyadh komunitas kami,semoga bermanfaat.
Bahan dasar minuman kopi khas Arab (Gahwa) adalah:
1.Biji kopi yang sudah dipanggang ringan digiling ada yang sangat halus atau setengah halus.biasanya warnanya hijau kekuning-kuningan agak gosong,tetapi tidak sampai berwarna hitam pekat.
2.Kapulaga
3.Cengkih
4.Air bersih,air minum.
5.Kunyit,dan rempah-rempah lainnya sesuai selera manasuka.
Inilah sajian cara cepat membuat minuman kopi gahwa ala kami,Tenaga Kerja Indonesia di Riyadh.meskipun kami kaum TKI tetapi tetap memakai kaidah membuat gahwa berstandar gahwa asli arabi.
Bahan-bahan :
2 sendok makan Kopi Gahwa Sadah (asli,belum dicampur) seperti gambar di bawah ini.
1 sendok makan Kapulaga
2 gelas air putih (k.l 200 ml),dan kunyit serta Cengkih yang sudah digiling secukupnya.
Cara membuat :
Panaskan atau rebus 2 gelas air di atas kompor sampai mendidih,lalu kecilkan api kompor,masukan 2 sendok gahwa,biarkan gahwa direbus selama 10-15 menit dengan api kecil tadi.Lalu masukan Kapulaga secukupnya (sesuai selera,bisa 1 sendok makan),kemudian masukan pula cengkih sedikit saja karena buah cengkih rasanya sangat tajam.
Untuk menambah selera dan memberi efek warna cerah kuning keemasan,maka ditambah kunyit secukupnya.Atau bagi yang mau,bisa ditambah pula rempah Kayu manis untuk memperkaya rasa rempahnya.
Namun bahan-bahan di atas sudah cukup,minuman buatan Anda sudah termasuk sebagai minuman Gahwa Arab.Rasa dan aroma selera tinggi minuman ini tergantung pula kepada (kualitas) atau KW buah kopi asalnya,untuk kualitas terbaik pilihlah bahan Gahwa berkualitas nomor 1.
Selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman dan sahabat muslim semua,selamat pagi untuk teman non moslem kompasianer semua.
13742728231313586621
Foto milik Aang S
13742728571976035127
Panaskan dengan api kecil 10 -20 menit setelah gahwa dimasukan ke air mendidih.(Aang S)
1374272906238806750
Disajikan bersama Teh Manis atau dengan buah Kurma yang segar atau Kurma yang sudah manis (Foto:Aang S)
Dalam gambar ini,adalah cara membuat kopi Gahwa secara instan,langsung dituangkan saja dari Mug rebusan alat memasaknya.Namanya juga instan gan,He…!
Kopi gahwa paling enak diminum bersama buah Kurma atau makanan manis lainnya,bisa juga diminum bersama teh Manis dalam keadaan hangat atau panas.Konon.kopi gahwa yang dikonsumsi bersama buah Kurma bisa berkhasiat sebagai ‘obat kuat‘ bagi pria dewasa,dan obat ’seret’ bagi wanita.Benar atau tidak,sampai saat ini mitos ini tetap beredar.
Sekedar berbagi info,untuk membuat ukuran yang lebih banyak silahkan komposisikan porsi semua bahannya sebagai berikut; Setiap kurang lebih 100ml air minum untuk 1 sendok makan Gahwa mentah,kapulaga.cengkih dan bahan rempah lainnya sesuaikan saja dengan selera masing-masing.
***
Untuk penyajian yang resmi dan baik,tentu saja disajikan dalam termos atau Teko khusus khas Arab,yang disebut teko Dallah.Lalu dituangkan ke dalam cangkir kecil tanpa pegangan atau disebut Penjan (seperti gambar di bawah ini):
13742733602104438092
Dallah (Teko khas Gahwa Arabic) dan Penjan (gelas kecil) adalah dua pasangan resmi penyajian gahwa arab.(Gambar dari dan milik;Ambassador.net)
Karena yang membuat  artikelnya tak punyaDallah dan Penjan,Teko dan Cangkir seperti gambar disamping ini.Maka saya ambil foto dari situs tetangga sebelah.
 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar